Pengajian Online Sebagai Sarana Dakwah

Jumat, 11 Maret 2016

Keutamaan Shalat Tahajjud

| Jumat, 11 Maret 2016

Keutamaan Shalat Tahajjud sebenarnya sangat banyak, baik untuk urusan mencari ridha ALLAH (Kebutuhan Rohani) maupun keutamaan untuk kesehatan tubuh (jasmani), berikut kami tuliskan sedikit keutamaan shalat tahajjud.

  1. Allah mengangkat ketingkat derajat yang terpuji, "Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajjud sebagai ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji" QS. Alisra' ayat 79) 
  2. Allah Mengampuni dosa-dosanya dan Mengabulkan permintaannya, Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda: "Allah turun ke langit dunia setiap malam pada 1/3 malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepadakepada- Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar" (HR. Bukhari dan Muslim)
  3. Allah Memelihara Kesehatannya, Rasulullah SAW bersabda, Hendaklah kalian bangun malam, sebab hal ini merupakan kebiasaan orang soleh sebelum kalian, sebagai pendekatan diri kepada ALLAH SWT, penghapus dosa dan pengusir penyakit dari dalam tubuh. HR. At-Tirmidzi
Dr. Abdul Hamid Diyab dan Dr. Ahmad Qurquz mengatakan, bahwa shalat malam dapat meningkatkan ketahanan imunitas tubuh terhadap berbagai penyakit yang menyerang jantung, otak, dan organ tubuh yang lain. Karena orang yang bangun malam dapat menghentikan kebiasaan tidur dan ketenangan yang terlalu lama yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Shalat tahajud memiliki kandungan aspek meditasi dan relaksasi yang cukup besar, dan memiliki kandungan yang dapat digunakan sebagai strategi penanggulangan adaptif pereda stres. Sebagaimana juga dijelaskan oleh dr. Moh. soleh bahwa stres punya pengaruh yang besar terhadap ketahanan tubuh seseorang. dan stres, baik fisik maupun psikis menyebabkan terjadinya pengeluaran cairan tubuh yang cukup banyak dan penguapan yan glebih cepat.

Dalam bidang bio-tekhnologi, shalat tahajud dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan respon ketahanan tubuh dan menghilangkan rasa nyeri pasien yang terkena penyakit kanker. Dalam bidang ini pula shalat tahajud dapat meningkatkan respon emosional positif yang efektif dalam menegakkan anastesis pra-bedah.

Begitu besar keutamaan shalat tahajjud, mengapa kita masih lalai untuk melakukannya..???

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar